Monday, December 28, 2015

Pertimbangan Memilih Rangka Atap Rumah

Pertimbangan Memilih Rangka Atap Rumah



Pertimbangan Memilih Atap Rumah

Desain atap bangunan tidak sesederhana yang dibayangkan, banyak pertimbangan selama proses desain, berikut adalah beberapa pertimbangan tersebut


Selama satu dekade terakhir, popularitas kayu sebagai rangka atap mulai tergantikan oleh baja ringan, selain karena harga baja ringan relatif lebih murah dibandingkan dengan rangka kayu, rangka baja ringan relatif lebih kuat dan tahan lama. Hal tersebut adalah salah satu contoh pertimbangan dalam memilih rangka atap, beberapa pertimbangan lainnya adalah sebagai berikut.

Untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara dalam memilih atap rumah yang tepat, silahkan langsung menuju kursor bawah :


Kualitas Bahan

Kualitas bahan rangka  atap adalah pertimbangan utama yang perlu diperhatikan. Daya tahan material, kemudahan dalam peawatan adalah beberapa aspek yang masuk dalam kategori ini, namun Kualitas bahan yang baik umumnya berbanding lurus dengan harga 


Ketebalan Bahan Atap

Ketebalan yang ada pada atap rumah bervariasi. Semakin tebal tentu semakin baik  dalam mengurangi efek hawa panas. Ketebalan atap rumah juga berpengaruh pada keadaan rumah anda dan sesuai dengan selera. 


Biaya Konstruksi 

Biaya adalah  pertimbangkan utama dalam memilih rangka atap. Sesuaikan juga pada keadaan keuangan anda. Jika anda pintar dalam meminimalisir pengeluaran anda sebaiknya memilih barang yang bagus namun harganya murah. karena tidak semua barang mahal memiliki kualitas yang bagus. Desain yang optimal juga dapat membantu anda untuk mendapatkan desain atap relatif murah. 


Metode Konstruksi 

Beberapa atap yang tersedia dipasaran banyak sekali macamnya mulai dari yang mudah dalam pemasangan dan juga ada jenis atap rumah yang sangat sulit dipasang. Untuk anda yang merencanakan pemasangan atap rumah sendiri sebaiknya anda memilih jenis atap yang mudah pada waktu dipasang. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu untuk waktu pemasangan, untuk memasang atap rumahpun sangat bervariasi tergantung siapa yang memasang. Alangkah baiknya anda memakai tenaga yang ahli dalam pemasangan atap rumah karena selain cepat waktunya mereka juga sudah tahu akan prosedur pemasangan yang benar dan tepat.


Garansi dan mutu produk

Setiap orang pasti ingin membeli atap rumah yang mempunyai mutu produk bagus supaya dalam pemakaiannya nanti, atap rumah dapat bertahan lama dan tidak sia-sia dalam mengeluarkan uang untuk membelinya. Jadi usahakan untuk membeli produk yang bermutu bagus selain itu juga ada jaminan garansi produk yang dikeluarkan oleh toko ataupun produsennya.


Cuaca

Salah satu faktor terpenting yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan memilih jenis atap rumah yaitu cuaca dan suhu yang ada pada daerah rumah anda karena bahan pada atap tersebut sangat mempengaruhi keawetan pada saat digunakannya nanti. Misalnya, dapat dicontohkan dengan pemakaian seng pada atap rumah namun pada daerah rumah anda sering terjadi angin besar, ini sangatlah tidak cocok untuk dipakaikan karena akan membuat seng tidak bertahan lama dan pastinya selalu bergonta - ganti seng setiap kali terjadi angin besar. 

Demikian artikel saya, semoga berguna untuk anda. Baca juga informasi menarik lainnya tentang atap dibawah ini. 


  • Macam Jenis Bahan Atap Rumah

  • Mengenal Rangka Atap Rumah

  • Bentuk Atap Yang Umum di Gunakan 

  • Mengenal Material Insulasi Atap 

  • Mengenal Skylight pada Atap