Tuesday, December 29, 2015

Mengenal Material Insulasi Atap

Mengenal Material Insulasi Atap


Mengenal Material Insulasi Atap


Material insulasi adalah material yang digunakan untuk meredam panas dan mengurangi dampak suara pada atap, material apa saja itu? Artikel ini akan membahasnya.



Panas adalah salah satu pertimbangan dalam bangunan yang berada di lingkungan iklim tropis seperti Indonesia, pada hunian, salah satu sumber panas  berasal dari atap. Penutup atap yang terkena sinar matahari meneruskan panas yang diterimanya ke dalam ruang melalui plafon. Beberapa upaya dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut salah satunya dengan aplikasi insulasi. Sejak satu dekade terakhir lapisan insulasi yang sebelumnya banyak diaplikasikan di bangunan komersial dan industri mulai banyak diaplikasikan pada rumah tinggal. 

Berikut adalah beberapa contoh jenis material yang telah banyak dipakai sebagai bahan insulasi atap bangunan.

Aluminium Foil

Karakteristik dari Aluminium Foil ini adalah selain mampu meredam suara dan panas, bebas serat atau fiber, mengatur kelembaban udara didalam ruang sehingga udara didalam terasa lebih sejuk, tidak mudah robek, hemat energi dan sangat mudah pemasangannya serta berkualitas tinggi. Jenis insulasi ini berbentuk lembaran dengan ketebalan bervariasi antara 3 hingga 8 mm. Alumunium foil juga dapat didesain khusus dengan fungsi melindungi bangunan dari cuaca buruk, panas dan suara dari luar bangunan secara efektif dan efisien, karena memiliki kemampuan memantulkan sinar ultraviolet sampai dengan 97% dan mampu meredam suara dari luar. 

Polyester

Polyester memiliki karakteristik ramah lingkungan, ringan,tidak beracun dan berbau, no-irritant dan non-allergenic, instalasi yang cukup mudah, serta tahan lama. Polyester merupakan substansi kimia sintetik yang dapat juga diolah menjadi bahan insulator atap. Polyester merupakan material yang memiliki umur cukup panjang (dapat bertahan hingga 50 tahun), namun tidak tahan terhadap api (mudah terbakar). 

Glasswool

Glasswool tersedia dalam bentuk Lembaran dan Roll. Adapun keunggulan dari bahan insulasi ini adalah: memiliki daya konduksi yang rendah, sehingga menyulitkan panas dari luar bangunan untuk melalui media ini; tidak mudah terbakar, berkarat dan berjamur, memiliki daya fleksibilitas yang baik serta bebas perawatan .Glasswool adalah material insulasi atau pembungkus yang terbuat dari bahan dasar fiberglass dengan daya kuat tarik tinggi namun elastis / fleksibel. Glasswool pada umumnya mempunyai karakteristik yang cukup lunak dan mudah dipasang dengan biaya pemindahan dan instalasi yang rendah.  Saat ini penggunaan glasswoll sudah sedikit-demi sedikit berkurang karena serat halusnya dianggap dapat membahayakan manusia.

Polyurethane Foam

Polyurethane Spray Foam lebih cocok untuk menjadi peredam panas pada bangunan publik yang tertutup bagian atapnya, seperti gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, shopping center, gudang, pabrik, dan fasilitas umum lainnya karena harganya yang relatif mahal. Polyurethane foam merupakan bahan Insulasi peredam panas yang paling efektif, terutama pada bangunan rumah dengan kondisi atap yang cukup sulit diberikan insulasi berbentuk lembaran. Polyurethane foam memiliki daya lekat yang sangat baik terhadap berbagai bahan seperti: Metal, Seng, Kayu, Beton, Fiber glass, dll. Itulah sebabnya, Polyurethane foam yang berbentuk serbuk dan dipasang dalam wujud spray dapat menjangkau pada posisi yang sulit sekalipun pada bagian atap rumah. Namun, karena bentuknya yang relatif terdiri dari partikel-partikel kecil yang cukup rentan bagi anak-anak. 



Bubble Foil

Foil Bubble Insulation adalah jenis insulator dari bahan aluminium foil yang banyak dijumpai pada umumnya untuk rumah tinggal, bangunan pabrik serta fungsi lainnya. Bubble foil dinilai cukup efektif dalam menghalau panas, juga didesign khusus sehingga juga berfungsi melindungi rumah dari cuaca buruk, menghalangi panas secara efektif dan efisien, karena memiliki kemampuan memantulkan sinar ultra violet sampai dengan 97% sehingga menjaga ruang tetap nyaman pada berbagai cuaca.Foil Bubble Insulation diproduksi dari material bubble yang menggunakan lapisan aluminium foil berkualitas tinggi sehingga kuat, bersih dan mudah digunakan serta tidak mudah sobek.

Glasswool, Polyester, Aluminium Foil, Bubble Foil dan Polyurethane Foam

Sistem pemasangan material dan bahan insulasi pada atap bangunan membutuhkan ketepatan pada sambungan dan pemasangan bahan-bahan. Hal ini berkaitan dengan keberhasilan dan tingkat efektifitas sistem insulasi untuk menjaga kualitas termal dalam rumah tersebut. Lapisan insulasi panas yang kurang rapat pada pemasangan akan menurunkan kualitas performa dari proses insulasi bangunan. Namun secara umum, penggunaan teknologi insulasi pada atap bangunan ini dapan meningkatkan kualitas termal ruangan dalam bangunan, dimana suhu udara di dalam bangunan dapat dipertahankan  lebih lama, sehingga penggunaan listrik untuk pengkondisian udara dapat diminimalkan. 


Demikian artikel saya, semoga berguna untuk anda. Baca juga informasi menarik lainnya tentang atap dibawah ini. 


  • Macam Jenis Bahan Atap Rumah

  • Mengenal Rangka Atap Rumah

  • Bentuk Atap Yang Umum di Gunakan 

  • Pertimbangan Memilih Atap Rumah

  • Mengenal Skylight pada Atap