Saturday, December 26, 2015

 Mengenal Jenis Rangka Atap Rumah 



 Mengenal Jenis Rangka Atap Rumah

Salah satu bagian penting dari atap adalah rangka, terdapat berberapa material atap yang umum digunakan pada perumahan yang akan dibahas pada artikel ini.




Atap pada satu bangunan berfungsi sebagai pelindung terhadap cuaca dan panas matahari serta salah satu bagian penting untuk membentu estetika bangunan. Bentuk atap dipengaruhi oleh susunan rangkaya. Atap umumnya terbagi menjadi beberapa bagian material penutup atap, material insulasi atap dan rangka atap.
Rangka atap adalah tulang punggung dalam satu konstruksi atap, karena tanpa ikatan rangka, atap tdk ada artinya. Fungsi rangka atap adalah:
  • Menahan dan menyalurkan beban bangunan 
  • Tumpuan utama penyusunan atap
  • Sebagai filter bagi hawa panas dan cuaca dari luar ke dalam bangunan


Rangka atap rumah sendiri memiliki beberapa varian,  yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah material-material tersebut. 

Rangka Atap Kayu

Rangka kayu merupakan salah satu varian rangka atap yang paling banyak diaplikasikan di rumah-rumah Indonesia, umumnya penggunaannya bersamaan dengan genteng.  Saat ini penggunaan atap kayu semakin jarang karena semakin berkurangnya material kayu serta harganya yang relatif m ahal, Kelebihan daru rangka kayu adalah tahan terhadap karat, bobotnya relatif ringan, serta mampu menyesuiakan dengan banyak bentuk desain atap. Kekurangannya adalah harganya yang relatif mahal, mudah terbakar terpengaruh oleh perubahan suhu serta potensi serangan rayap.

Rangka Atap Baja

Rangka baja merupakan salah satu varian rangka atap yang umum digunakan pada bangunan industri dan komersial karena memiliki beberapa kelebihan yaitu kuat, tahan terhadap perubahan cuaca minim perawatan mudah serta dapat mengadopsi bentang lebar yang memungkinkan ruangan dibawahnya direncanakan tanpa kolom penyangga. Kekurangannya adalah harganya relatif mahal serta proses fabrikasi dan pemasangannya yang harus dilakukan oleh ahli bangunan.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka baja ringan merupakan jenis rangka yang saat ini sedang naik daun dan banyak diaplikasikan pada proyek-proyek perumahan dan komersial. kelebihannya adalah bobotnya yang ringan, dengan berat hanya 6kg/m2 varian rangka ini merupakan yang paling ringan diantara varian rangka atap lainnya. Kelebihan lainnya adalah tahan karat karena material yang digunakan adalah zinchalume, anti rayap, tahan terhadap cuaca, serta tidak mudah terbakar. Kekurangannya adalah atap ini memiliki batasan bentang tertentu, tidak seperti atap baja konvensional yang dapat diaplikasikan pada bentang lebar. 

Rangka Atap Beton

Rangka atap beton seperti anda ketahui memiliki bobot paling berat. Kelebihannya adalah tahan terhadap karat, anti rayap, bisa tahan perubahan cuaca, serta tidak mudah tersulut api dan minim perawatan. Kekurangannya adalah harganya mahal serta proses instalasinya relatif lama.

Demikian artikel saya, semoga berguna untuk anda. Baca juga informasi menarik lainnya tentang atap dibawah ini.